Selasa, 08 Agustus 2017

Beberapa Penyeab Kanker Rahim



Beberapa kebiasaan yang tanpa kita sadari dapat memicu timbulnya kanker rahim, antara lain :

1. Usia

Mayoritas kanker ovarium (kanker indung telur) muncul setelh seseorang wanita melewati masa meopouse. kanker ovarium biasanya menyerang wanita di atas usia 63 tahun.

Wanita beresiko tinggi mengidap kanker ovarim bila :

  • Mendapatkan mentruasi sebelum usia 12 tahun
  • Tidak memiliki anak
  • Memiliki anak setelah usia 30 tahun
  • Mengalami menopause setelah usia 50 tahun

Terdapat hubungan antara resiko menderita kanker ovarium dan jumlah siklus mentruasi yang dialami seorang wanita dalam kehidupannya.

2. Penggunaan Obat Penyubur Kehamilan

Penggunaan obat pnyubur kehamilan clomiphene citrate dalam waktu lama meningkatkan kemungkinan timbulnya tumor ovarium, terlebih Pemakaian obat tersebut tidak kunjung membuat seorang perempuan hamil.

3. Faktor Keturunan

Wanita yang memiliki ibu, saudara perempuan, maupun anak perempuan uyang menderita kanker ovarium meningkatkan resiko mengidap penyakit ini juga, penyebab kanker rahim.

4. Obesitas 

Penyebab kanker ragim yaitu obesitas. peningkatan resiko terkena kanker ovarium pada perempuan bertubuh gemuk atau yang malas bergerak. 

5. Diet Rendah Lemak Penyebab Kanker Rahim

Apabila kita terlalu banyak konsumsi jenis makanan yang berlemak maka estrogen pun semakin banyak, karena lemak yang potensial memproduksi hormon estrogen. Dan apabila badan rahim/endometrium terpapar oleh hormon ini maka kemungkinan terjadi perubahan yang sangat cepat menjadi kanker.

6. Kebiasaan Merokok Penyebab Kanker Rahim

Merokok dapat menjadi penyebab kanker rahim. Nikotin yang terkandung dalam rokok dapat mempermudah selaput lendir sel-sel tubuh terangsang atau bereaksi. Dan biasanya terjadi pada tenggorokan, paru-paru dn leher rahim.

7. Sering Menabur Bedak Pada Vagina Penyebab Kanker Rahim

Butiran-butiran bedak yang menempel pada vagina dapat menyebabkan timbulnya kanker ovarium. Hal itu dapat mengakibatkan infeksi dan luka di ovarium. Kebiasaan seperti ini dianggap sesuatu yang wajar saja, demi menjaga kesegaran pada vagina. Padahal dengan kebiasaan seperti itu dapat menimbulkan kanker.

8. Pembersih Vagina Penyebab Kanker Rahim

Pada umumnya wanita sering menggunakan antiseptik untuk membersihkan daerah kewanitaan mereka. Katanya, berguna membasmi kuman pada vagina, perlu diketahui pada vagina terdapat kuman yang disebut Basillus Doderlain, penghasil asam laktat yang memang fungsinya menjaga kelembaban vagina. Padahal antiseptik yang digunakan mengandung bahan kimia yang berbahaya yang dapat menimbulkan iritasi pada leher rahim.

9. Kurangnya Asupan Vitamin Penyebab Kanker Rahim

Vitamin C merupakan vitamin yang dapat memperbaiki dan memperkuat mukosa, material dalam leher rahim. Jika kita kekurang vitamin tersebut tidak menutup kemungkinan kita akan terjangkit kanker rahim. Oleh karena dianjur untuk memperbanyak makan sayuran dan mengkonsumsi vitamin C.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar